Category Archives: Editorial

Maraknya Anak Indonesia yang Merantau

Memilih Sekolah di Luar Negeri beserta Tanggung Jawabnya

Setiap pelajar Indonesia yang sekolah di luar negeri memiliki beragam tanggung jawab. Tapi semua itu dimulai dengan tanggung jawab untuk memilih pendidikan yang sebaik-baiknya. Jangan sampai hanya semata karena dis-informasi atau mis-informasi, putra-putri bangsa ini mubazir merantau.
Posted in Editorial | Tagged , |

Impian Itu Adalah Setiap Anak Indonesia Kenal Komputer

Di negara dengan ketimpangan sosial yang relatif tajam seperti Indonesia, kesenjangan teknologi pun lebih terasa. Sebagian mahasiswa metropolitan kerap memeriksa surat elektronik melalui kotak ajaib seukuran telapak tangan, sementara rekan-rekan mereka di pedalaman masih belajar dengan lampu minyak. Memang, keadaan seperti itu banyak bergantung pada faktor ekonomi, tapi hal ini dapat dilangkahi dengan penerapan teknologi mutakhir yang merakyat.
Also posted in Indonesia |

Bravo Sinema Nasional!

Simbiosis dunia bisnis dan pendidikan massa justru bisa tercapai melalui cara seperti ini. Cukup sudah masyarakat terbuai dalam mimpi kosong, saatnya kini kita terbangun dari tidur siang tatkala tantangan nyata ada di depan mata. Media informasi seharusnya adalah kaca pembesar tantangan-tantangan tersebut dan bukan pengalun nina bobo. Bangun!
Also posted in Indonesia |
Perombakan Kabinet

Studi Banding, Andi Matalata, dan Komunikasi

Studi banding memang ada kalanya sangat penting. Jika memang pada jadwal istirahat, rombongan ingin membelanjakan uangnya (dengan menghindari prasangka buruk, kita asumsikan halal) untuk belanja ya silakan saja. Itu hak mereka. Cerita akan menjadi lain ketika perjalanan itu tidak dapat dibuktikan kegunaannya, jelas-jelas menelan biaya besar, dan yang tampak justru hanya bagian belanjanya saja.
Also posted in Indonesia | Tagged , , |
Corporate Social Responsibility

Bukan Amal, Bukan Bonus!

Jangan sampai kita terus menerus terjebak dan terbolak balik di negara ini dimana kerusakan yang diakibatkan operasi sebuah perusahaan pertambangan malah ditanggung Negara sementara tanggung jawab negara menyejahterakan rakyat malah dilimpahkan kepada perusahaan. Hendaknya baik pejabat pemerintah dan aktor swasta memahami betul peran dan tanggung jawab masing-masing secara profesional. Sah-sah saja tokoh bisnis menjadi negarawan karena setiap warga Negara memiliki hak politik yang setara. Tapi mari kita pahami perbedaan kewajiban setiap elemen untuk mencegah distorsi tanggung jawab.
Also posted in Business & Society | Tagged , , |
Budaya Senjata di Amerika

Vox Populi, Vox Dei?

Hampir setiap hari kita dengar berita tentang penembakan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tetapi ada sesuatu yang berbeda dari insiden pada hari Senin lalu. Lebih dari 30 pelajar dan dosen tewas di sebuah kampus. Bukan di Baghdad, bukan di Kabul, dan juga bukan di jalur Gaza; tetapi di Blacksburg, negara bagian Virginia, Amerika Serikat. Pelaku penembakan diduga bukan “teroris” maupun perampok –tapi mahasiswa berumur 23 tahun.
Posted in Editorial | Tagged , , , |
Kunjungan Bush ke Indonesia

Tolak Polemik Bush, Urus Kepentingan yang Lebih Besar!

Ibarat hukum ekonomi permintaan dan penawaran, perlu ada permintaan dari masyarakat terhadap berita-berita yang berbobot dan relevan supaya penawaran dari media pun bak gayung bersambut. Tinggal kita mau menjadi berbobot atau hanya sekedar mau berkoar sambil mengacungkan jari di depan kamera. Terserah.
Also posted in Indonesia |
Menilik Daftar Forbes

Tanggung Jawab Konglomerat atas Masyarakat dan Lingkungan

Jumlah kekayaan sebesar puluhan trilyun bagi hampir seluruh penduduk Nusantara adalah bagaikan dongeng. Tapi paling tidak bagi mereka yang memilikinya semoga mereka juga mencamkan nasihat dongeng mutakhir Spider-Man, “With great power comes great responsibility”, tanggung jawab besar menyertai kekuasaan yang besar…
Also posted in Business & Society | Tagged , |

Memasarkan Indonesia Kedalam dan Keluar

Hampir 80 tahun yang lalu, 28 Oktober 1928, berbagai elemen pemuda Indonesia berikrar satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa: Indonesia. Mungkin perlu juga praktisi komunikasi dan periklanan kini memiliki semangat satu merek: Indonesia.
Also posted in Indonesia | Tagged , , |